Home Berita Menjadi Guru Zaman Now

Menjadi Guru Zaman Now

112
0

Global Nusantara.Net – Sebelum kita berhadapan dengan siswa didik,kita harus paham akan apa yang akan kita lakukan agar kesalahan kesalahan tidak terulang lagi apalagi siswa yang kita hadapi sekarang adalah siswa zaman Now.

Kita sebagai Guru janganlah bersifat Egosentris karena kesalahan paling mendasar yang benar-benar kurang disadari oleh guru. Kesalahan ini juga akan berdampak pada timbulnya kesalahan-kesalahan lain.Dia tidak berpikir tentang masalah yang dihadapi oleh siswa ketika mengikuti pembelajaran sehingga tidak berhasil. Jangan-jangan karena guru tidak bisa berkomunikasi secara runtut dengan bahasa yang mudah dipahami?

Atau, mungkin gaya belajar siswa visual dan kinestetik tetapi tidak dipenuhi oleh guru, sehingga gaya mengajar guru tidak acceptable bagi siswa?

Selanjutnya kita harus peka terhadap lingkungan kelas  karena dalam proses pembelajaran, wajib hukumnya seorang guru mengendalikan kelas. Sepenuhnya! Hal ini penting agar proses pembelajaran berjalan lancar.

Kita tahu bahwa kelas terdiri atas berbagai karakter. Oleh karena itu harus diupayakan agar karakter yang beragam itu dapat diorkestrasikan menuju terwujudnya simponi pembelajaran yang enak dinikmati

Guru Zaman Now jangan selalu memberikan hukuman yang mematikan pada siswa misalnya “Anak-anak, awas jangan lupa lho dengan PR kamu. Kamu kerjakan semuanya. Kalau kamu tidak mengerjakan PR kamu, maka besok tidak akan mendapatkan nilai dari bu guru.”hal seperti ini membuat siswa kan mengalami ketakutan.

Persiapan mengajar harus kita siapkan agar semua dapat berjalan dengan lancar saya teringat seorang teman yang berkata begini, “Ingin berhasil dalam mengajar, buat persiapan secara matang!”

Kebanyakan guru (kabarnya) enggan membuat persiapan secara benar. Akibatnya, pembelajaran di kelas berlangsung seolah tanpa arah. Padahal, guru itu seorang profesional.

Salah satu ciri keprofesionalan seorang guru adalah menyusun perencanaan pembelajaran secara benar. Saya percaya Anda akan memperbaiki kesalahan Anda dalam mengajar (kalau kemarin-kemarin tidak membuat persiapan yang benar), sehingga hasil pembelajaran siswa benar-benar menggembirakan semua komponen (yang terkait dengan pembelajaran Anda).

Lakukan  Evaluasi Menyeluruh pada siswa kita dan jangan membeda bedakan siswa satu dengan siswa lainya.Jangan hanya siswa yang peduli dengan kita yang diperhatikan,perhatikan pula siswa yang jauh dengan kita.Siswa yang jauh dengan kita mungkin punya problem keluarga.

karena untuk mendidik siswa zaman now, guru juga hendaknya menjadi guru zaman now. Namun, jangan salah, guru zaman now di sini bukanlah guru yang sukanya berdandan-dandan saja, mengikuti trend mode, ataupun guru yang hanya asal masuk kelas saja dan lain sebagainya.

Namun, guru zaman now di sini adalah guru yang mampu menginspirasi siswanya, guru yang mengenali siswanya tidak hanya nama, namun tahu karakter siswanya masing-masing, dan guru yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang bisa diajarkan ke siswa dan bisa digunakan di masyarakat, dan banyak contoh positif lainnya.

Lalu bagaiman menjadi guru zaman now yang baik? Pertama kenali potensi siswa. Hal ini sangatlah penting, karena dengan guru mengenali potensi siswa kesenjangan antara guru dengan siswa bisa diminimalisasi. Sehingga, guru dalam mendidik siswa zaman now, bisa lebih efektif dan lancar.

Kedua, guru harus selalu mengupdate ilmu pengetahuan. Artinya, guru harus selalu belajar untuk lebih baik lagi, guru harus belajar ilmu pengetahuan baru. Selain memberi teladan siswa untuk selalu belajar, guru yang mau belajar mengupdate ilmu pengetahuan, pasti bisa menginspirasi guru lainnya untuk menjadi lebih baik.

Yang ketiga, guru hendaknya memahami bahwa kecerdasan siswa tidaklah sama. Ada yang cerdas matematis, linguistic, logika, intrapersonal, naturalis dan lain sebagainya. Sehingga dengan guru mengetahui beragamnya kecerdasan siswa, guru tentu bisa lebih efektif dalam mendidik siswa zaman now, tidak ada lagi berat sebelah dalam pembelajaran, siswa merasa terpenuhi kebutuhan akan kasih sayang seorang guru, karena guru tahu apa yang siswa mau.

Keempat adalah bisa berkomunikasi dengan siswa. Artinya, guru bisa berkomunikasi tidak hanya dengan komunikasi verbal, tetapi bisa dengan hati, isyarat, dll. Dengan demikian, jika komunikasi tersebut lancar, siswa pasti bisa menangkap makna atau intisari atau rangkuman diinginkan gurunya.

Kelima ntuk menjadi guru zaman now adalah mendidik siswa dengan hati nurani. Artinya, guru haruslah menjadi guru kalbu, guru yang berkarakter dan guru yang mau mendampingi anak-anak menjadi lebih baik lagi.

Akhirnya, perlu keteladanan dan contoh yang baik dari guru, masyarakat dan stakeholder untuk membentuk siswa zaman now menjadi siswa yang positif, berpikiran maju dan kreatif dan mampu diberi tanggung jawab untuk bisa berperan dalam pembangunan nasional.Hidup Guru Zaman Now.(Adi Ngadiman)

Gus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here